Informasi

MUI Peringatkan Jadwal Pemutaran Film di Bioskop tidak Bentrok dengan Waktu Salat


initasik.com, informasi | Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya, KH Achef Noor Mubarok, merespons harapan masyarakat yang menginginkan jadwal pemutaran film di bioskop tidak bentrok dengan waktu salat.

Ia mengingatkan pengelola bioskop untuk memahami kultur Kota Tasikmalaya yang sering disebut sebagai kota santri. “Siapapun yang tahu A, B, C, D-nya Kota Tasikmalaya pasti paham harus bagaimana. Memang semestinya begitu. Jangan memutar film di waktu yang berdekatan dengan waktu salat,” tegasnya, Jumat, 5 Januari 2018.

Menurutnya, bidang apapun usahanya, termasuk bioskop, harus bisa menyesuaikan dengan kultur masyarakat Kota Tasikmalaya. Apapun itu jangan sampai memengaruhi atau mengganggu waktu ibadah, terutama salat.

“Kalau yang punya usaha itu orang muslim, lalu dia mendahulukan waktu salat, pasti akan berkah. Kalau yang punyanya nonmuslim minimal akan disenangi. Bagi umat Islam, salat awal waktu itu suatu keutamaan,” tuturnya.

Baca: Masyarakat Berharap tidak Ada Jadwal Pemutaran Film di Cinema 21 Saat Magrib

Bagi seorang muslim, sambungnya, yang ditunggu itu hanya dua waktu, yaitu waktu salat dan meninggal dunia. “Kalau sengaja salat di akhir waktu, itu dosa. Seolah menganggap selain salat lebih berharga, apalagi ini hanya menonton film,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?