Soni Sudrajat | Jay/initasik.com
Peristiwa

Musim Kemarau Sudah Berdampak di Tiga Kecamatan di Kota Tasikmalaya

initasik.com, peristiwa | Musim kemarau tahun ini sudah dirasakan dampaknya di tiga kecamatan di Kota Tasikmalaya, yaitu Kecamatan Purbaratu, Mangkubumi, dan Tamansari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya bersama instansi terkait sudah mengantisipasi dampaknya, terutama pasokan air bersih.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Soni Sudrajat, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya dan dinas terkait untuk menyalurkan bantuan air bersih ke enam kelurahan di tiga kecamatan tersebut.

“Kurang lebih ada sepuluh sampai lima belas petugas satgas yang disiapkan untuk distribusi air bersih. Mudah-mudahan, kemarau tahun ini tidak seperti yang terjadi di 2015,” harapnya, Rabu, 6 September 2017.

Menurutnya, pada musim kemarau 2015, masyarakat yang merasakan dampaknya menyebar di 55 kelurahan. Distribusi air bersih yang dibagikan waktu itu sampai menghabiskan 1.200.000 liter air.

Berdasarkan laporan BMKG, musim kemarau tahun ini akan terjadi sampai akhir September atau pertengahan Oktober. “Insya Allah kami siap melayani masyarakat yang terdampak kemarau tahun ini. PDAM menyatakan persediaan air bersih bisa mencukupi kebutuhan,” ujarnya.

Ia sudah menyiapkan lima tangki air untuk dibagikan kepada 200 sampai 300 kepala keluarga di enam kelurahan. “Kendalanya soal jarak. Kita mengambil airnya dari Cisayong. Dalam sehari butuh waktu 12 jam untuk membagikan di lokasi-lokasi yang berbeda. Mudah-mudahan kemarau tahun ini tidak berlangsung lama,” tuturnya. [Jay]