Peristiwa

Nasib Pedagang Daging di Lebaran Kurban

initasik.com, peristiwa | Para pedagang daging ayam di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, mengeluhkan sepinya penjualan. Mikdar, salah seorang pedagang, mengutarakan itu. Sejak kemarin penjualanya turun sampai lima puluh persen.

Atuda banyak warga yang punya daging. Mungkin buat apa daging ayam kalau ada daging sapi di rumah mah. Kecuali kalau yang ngga suka daging sapi,” ujar Mikdar saat ditanya soal sepinya pembeli, Kamis, 23 Agustus 2018.

Menurutnya, kondisi seperti itu sudah biasa terjadi setiap tahun, terutama saat Idul Adha. Bukan hanya sehari dua hari. Sepinya bisa sampai satu minggu. Tak sedikit pedagang daging ayam yang lebih memilih tidak berjualan.

Hal senada disampaikan pedagang daging ayam lainnya, Apip Permana. Pria berusia 43 tahun itu mengatakan, kalaupun ada yang beli, biasanya mereka yang buka warung nasi.

Sepinya pembeli bukan hanya dirasakan penjual daging ayam, tapi juga pedagang daging sapi. Arman, salah seorang penjual daging sapi di Pasar Cikurubuk, mengaku, omzetnya turun drastis sampai 70 persen sejak kemarin.

Menurutnya, tak sedikit juga para penjual daging sapi yang memilih meliburkan diri ketimbang harus berjualan. “Ngga ada yang beli. Dari tadi pagi saya malah ketiduran. Ditungguin juga kalah karesel,” imbuhnya. [Eri]