Peristiwa

Nasib Tragis Mobil Damkar Kabupaten Tasik


initasik.com, peristiwa | Pemkab Tasikmalaya merupakan wilayah yang sangat luas. Jumlah desanya ada 351 yang tersebar di 39 kecamatan. Namun, untuk daerah yang seluas itu, pemda hanya punya dua mobil pemadam kebakaran (damkar). Itupun disimpan di pusat kabupaten, Singaparna.

Asep Taufiqqurohman, kasi Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional Sarana Prasarana Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tasikmalaya, menyebutkan, sebenarnya ada empat mobil damkar, namun dua lagi mesinnya rusak.

Menurutnya, dua mobil rakitan 2003 yang jalanpun kondisinya mengkhawatirkan. Pompa untuk menghisap dan mengeluarkan air bocor. Tangki penampung airnya juga sudah mulai keropos dan bocor. Menyedihkan.

“Mobil-mobil itu bukannya tidak dirawat, tapi di kami tidak ada mekanik khusus. Selama ini hanya mengandalkan montir amatir untuk mengecek kondisi dan melakukan perawatan mobil pemadam,” tuturnya.

Lantaran hanya ada dua mobil damkar, Asep mengakui sering datang terlambat ke lokasi kebakaran, lantaran jarak tempuh yang jauh. Ia menyebutkan, minimalnya ada sepuluh unit mobil damkar dan 4 mobil tangki pembawa air. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?