Ist
Inspirasi

Nicke Widyawati, Direktur PLN Asal Kota Tasik, Berbagi Pengalaman Hidup

initasik.com, inspirasi | Nicke Widyawati, Direktur Perencanaan Korporat PLN, dalam satu kesempatan menuturkan lika-liku jalan hidupnya hingga sampai di titik yang sekarang. Salah satu segmen yang ia ceritakan adalah cita-citanya ingin masuk Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat kecil, ia mengaku ingin menjadi insinyur. Menurutnya, itu pekerjaan keren. Saking inginnya, ia lantas menempel gambar kampus ITB di dinding kamarnya. Gambar itu dipandanginya setiap hari.

Dengan masuk ITB, ia berkeyakinan bisa jadi insinyur. Namun, ibunya keberatan. “Tapi saya tetap ingin jadi insinyur. Jadi, sewaktu sekolah, saya berusaha bagaimana caranya agar mendapat nilai yang baik. Ibu inginnya saya jadi dokter. Saat pendaftaran masuk kuliah, saya hanya memilih ITB, bukan memilih saran ibu,” tutur alumnus SMAN 1 Tasikmalaya itu.

Lantaran merasa bersalah tidak mendengar pilihan ibunya, ia bertekad membiayai kuliah sendiri. Kuliah sambil cari uang. Mengajar dari rumah ke rumah. Hingga pada satu waktu ada tawaran bekerja di bank.

“Kalau kita mendapat kesempatan baik, ambil saja. Jangan ragu-ragu. Maka saya ambil kerja itu. Kerja sambil kuliah.  Kalau kita niat, itu bisa kita lakukan. Saya siang bekerja, malam belajar. Tidur hanya 3 sampai 4 jam sehari. Alhamdulillah bisa kuliah selesai tepat waktu,” ucapnya.

Ia berpesan, jangan pernah takut untuk mempunyai cita-cita yang tinggi. Jika ada kesempatan baik, ambil. Jangan pula suka membatasi diri. Apalagi berpikiran negatif duluan. “Percaya kita bisa, dan jangan berhenti berusaha,” tandasnya. [Peri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?