Seni Budaya

Nyayian Tanah Merdeka tentang KH Zainal Musthafa

initasik.com, seni budaya | Ada pertunjukan menarik usai upara Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, di Lapang Dadaha, Kota Tasikmalaya, Kamis, 17 Agustus 2017. Para seniman bersama TNI, polisi, hingga santri menggelar aksi teatrikal yang menceritakan perjuangan pahlawan asal Tasikmalaya, KH Zainal Musthafa.

Dalam pertunjukan itu dikisahkan perjuangan KH Zainal Musthafa dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah. Dimulai saat ia mengajak para santrinya untuk bersatu melawan penjajah, sampai momen di mana KH Zainal Musthafa diseret oleh penjajah Jepang hingga digantung.

Teatrikal yang berlangsung menarik itu disutradarai Engko Kusnadi. Menurut salah seorang pemain yang berperan sebagai narator, Ridwan Hasyimi, menyebutkan, ada sekitar 120 orang yang ikut bermain. “Ada yang dari tentara, polisi, Satpol PP, siswa SMA, santri, dan para seniman,” sebutnya.

Ia menyebutkan, aksi teatrikal yang diberi judul “Nyanyian Tanah Merdeka” itu mengangkat perjuangan KH Zainal Musthafa untuk mengingatkan masyarakat bahwa di Tasikmalaya ada pahlawan nasional yang patut diteladani.

Menurut Ridwan, para peserta berlatih kurang dari satu minggu. Padahal, dengan waktu secepat itu, rasanya sulit untuk bisa lebih memahami dan menghayati masing-masing peran. “Meskipun waktunya mepet dan sedikit sulit karena kita ini gabungan, tapi alhamdulillah bisa lancar,” ujarnya.

Kendati pemainnya bukan hanya seniman dan tidak semuanya memiliki latar belakang teater, tapi dengan konsep yang baik dan semangat satu tujuan, semua berjalan seperti harapan. [Eri]