Jay | initasik.com
Olahraga

Olahraga Bola Tangan; Kolaborasi Basket dan Sepakbola

initasik.com, olahraga | Olahraga basket dan sepakbola sudah familiar di telinga masyarakat. Semua tahu itu. Keduanya sering dimainkan. Namun, belum banyak yang tahu dengan olahraga bola tangan.

Padahal, jenis olahraga yang termasuk pada permainan kecil itu sangat bagus dimainkan. Menyehatkan dan menyenangkan. “Olahraga bola tangan ini belum ada induk organisasinya, makanya disebut permainan kecil,” ujar Erik Nuriska Subekti, dosen Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) FKIP Universitas Siliwangi.

Ia menyebutkan, bola tangan merupakan olahraga kolaborasi basket dan sepakbola. Pola mainnya mirip dengan sepakbola, tapi mengoper dan memasukkan bola ke gawang lawan pakai tangan. Secara teknis mirip basket. Ada lemparan bola, drible dan lainnya.

“Kalau kena kaki, pelanggaran. Tapi itu kalau disengaja. Lama mainnya 2×30 menit, dengan istirahat sepuluh menit. Masing-masing tim harus menggolkan bola pakai tangan. Pemenangnya adalah yang paling banyak menjebol gawang,” terang Erik.

Adapun jumlah pemainnya tergantung lapangan yang digunakan. Kalau di dalam ruangan atau indoor, pemainnya tujuh  orang. Jika di luar ruangan 11 orang. “Olahraga ini sangat bagus untuk dilakukan di sekolah-sekolah. Bagus untuk meningkatkan jasmani siswa. Menyenangkan juga. Tidak terlalu membutuhkan keahlian mengocek bola, seperti dalam sepakbola,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar