Ato Rinanto dan Riad Jamil | Jay/initasik.com
Peristiwa

Orangtua Dimas dan Puspa Akhirnya Datang Menjemput

initasik.com, peristiwa | Orangtua Dimas Raditya Gumilang dan Puspa Laksmi Dewi akhirnya datang kembali ke Pondok Pesantren Suryalaya, Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 21 Oktober 2017, malam.

Mereka berniat menjemput kedua anaknya, karena tidak kuat menahan tekanan psikologis dan penyesalan mendalam setelah meninggalkan anak-anaknya di Masjid Nurul Ikhlas, Godebag, Pagerageung, Sabtu, 14 Oktober 2017, lalu.

Di hadapan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya dan salah seorang anggota keluarga besar Ponpes Suryalaya, Riad Jamil, Ahad, 22 Oktober 2017, mereka mengakui kesalahannya.

Reza, ayah Dimas dan Puspa mengatakan, keputusannya meninggalkan kedua anaknya itu lantaran bingung harus bagaimana lagi. “Saat itu yang ada dalam benak saya, meninggalkan mereka di masjid adalah pilihan terbaik,” ujarnya sembari menangis.

Ia mengaku sangat menyesal dengan keputusannya tersebut dan ingin membawa kembali anak-anaknya. Namun, keinginannya itu tidak serta merta bisa dikabulkan, karena KPAID Kabupaten Tasikmalaya telah membuat laporan ke Polres Tasikmalaya Kota.

Untuk itu, mereka dibawa ke kantor polisi untuk menempuh prosedur hukum. “Dengan mempertimbangkan saran dari sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya dan asas perikemanusiaan, kami mencabut laporan kasus ini,” sebut Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinato, kepada wartawan di kantor Polres Tasikmalaya Kota, Senin, 23 Oktober 2017.

Menurutnya, Dimas dan Puspa bisa diserahkan ke orangtuanya dengan syarat diketahui keluarga besar mereka dan terpenuhinya hak-hak anak. “Apabila semua itu sudah terpenuhi, Dimas dan Puspa akan diserahkan kepada orangtuanya,” tandas Ato. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?