Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya mendampingi anak-anak bermain | Jay/initasik.com
Keluarga

Orangtua Jangan Asal Memberikan Permainan pada Anak


initasik.com, keluarga | Dulu, anak-anak biasa bermain di luar dengan teman-teman sebayanya. Ada banyak permainan tradisonal yang secara tidak langsung mendidik karakter anak, sehingga terbentuk jiwa gotong royong, sifat suka menolong dan sebagainya.

Kini, permainan-permainan seperti itu jarang dimainkan. Beda zaman. Anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya dengan telepon seluler pintar. Mau apapun, di dalamnya ada. Namun, kecanggihan teknologi itu memberi pengaruh negatif. Salah satunya anak jadi kurang bersosialisasi. Mudah marah juga, karena terpengaruh oleh permainan digital yang membuatnya sering membuatnya jengkel saat kalah bermain.

Eti Attiah, istri Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, berpesan agar orangtua bisa memilah mana yang baik dan tidak untuk anak. “Sekarang zamannya media sosial. Kita harus hati-hati juga,” ujarnya dalam peringatan Hari Anak Nasional, di halaman taman kota, Ahad, 23 Juli 2017.

Menurutnya, para orangtua harus selalu membimbing anak-anaknya agar tidak terkena pengaruh negatif kemajuan teknologi komunikasi. Berikan segala kebutuhan yang sesuai dengan usianya.

Hal senada diutarakan Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Nunung Mulyani. Untuk itu, ia bersama dosen dan mahasiswanya menggelar pelayanan kesehatan dan konsuling gratis bagi seluruh masyarakat.

“Setiap Minggu kita buka stan layanan gratis. Kalau yang ini kaitannya dengan tumbuh kembang anak dan permainan apa saja yang bagus untuk anak di usianya,” ucapnya sambil menunjuk aktivitas mahasiswa yang membimbing anak-anak bermain alat peraga edukatif.

Ia menegaskan, permainan-permainan yang sesuai dengan usia anak sangat penting untuk menstimulasi perkembangannya. “Orangtua jangan sampai salah memberikan alat permainan kepada anak,” tandasnya seraya menyebutkan, selain Jurusan Kebidanan, jurusan lainnya, seperti Keperawatan, Gizi, Gigi, Farmasi dan sebagainya turut memberikan pelayanan cuma-cuma kepada masyarakat. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?