Informasi

Orangtua yang Membuang Dua Anaknya Berharap Mereka Jadi Anak Saleh

initasik.com, informasi | Dimas Raditya Gumilang, 6 tahun, dan Puspa Laksmi Dewi, 4 tahun, ditinggalkan kedua orangtuanya di salah satu masjid di Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 14 Oktober 2017.

Mereka ditemukan warga di masjid, waktu Subuh. Orangtuanya hanya meninggalkan amplop berisi surat dan uang Rp 150 ribu. Begini isi suratnya:

Mohon titip kedua anak saya ini untuk dipertemukan dengan ulama/kepala pondok pesantren di sini. Tolong ajarkan dia dengan kebaikan dunia dan akhirat. Insya Allah dengan kemurahan hati bapak dan ibu akan mendapatkan balasan yang setimpal. Dalam surat ini ada sedikit bekal uang untuk kedua anak saya ini, semoga dapat membantu hingga menemukan ulama/kepala pondok pesantren setempat.

Buat Dimas dan Puspa,

Suatu saat pasti akan membaca tulisan ini. Mohon maaf kami tidak bisa mengasuh kalian. Semoga suatu saat kalian bisa mengerti dan memaafkan kami atas pilihan yang kami buat ini. Jadilah anak yang soleh dam bisa berbuat banyak kebaikan di dunia ini. Insya Allah doa kami akan selalu menyertai kalian.

Suatu  hari nanti jika kalian sudah besar, tidak usah mencari kami berdua. Jika sudah jalannya, pasti akan dipertemukan kembali. Terakhir, buat Dimas tolong dijaga adik kamu satu-satunya.

Salam dari mamah papah ya sayang

Baca juga: Dua Anak Dibuang Orangtuanya di Salah Satu Masjid Pagerageung Kabupaten Tasik

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, mengatakan, kedua anak tersebut kondisinya sehat. Tidak ada kekurangan fisik atau kelainan mental. Mereka cepat akrab dengan siapapun. “Tapi seperti ada tekanan psikis. Seperti butuh perlindungan,” sebut Ato. [Jay]