Peristiwa

Pager Asik Bergerak karena Penanganan Masalah Sosial Belum Maksimal

initasik.com, peristiwa | Angka penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di dinas sosial tidak update. Masih menggunakan data 2012. Terkesan tidak ada keseriusan dan kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan sosial. Padahal, PMKS di Kota Tasikmalaya sangat memprihatinkan.

“Kami sangat menyayangkan hal itu terjadi. Padahal PMKS banyak. Pembinaan dan pelatihan pun tidak ada,” ujar Rudi Ridwan, wakil Ketua Pemuda Penggerak Kota Tasik (Pager Asik).

Pada mulanya, kata dia, Pager Asik tidak fokus untuk melihat keadaan Kota Tasikmalaya yang memiliki banyak permasalahan sosial. Pager Asik berdiri sebagai tempat untuk mengabdikan diri sesuai disiplin ilmu. Tetapi seiring melakukan assesment banyak temuan.

“Persoalan sosial di Tasik sudah mencapai tahap kritis, itu kalau melihat data. Ada di peringkat talak. Paling banyak. Perlu banyak orang yang terlibat, sehingga membuat kita tergerak,” tutur mahasiswa UMTAS itu.

Menurutnya, kesejahteraan sosial akan terus menjadi permasalahan yang harus benar-benar mendapatkan perhatian dan kepedulian lebih. Terlebih Kota Tasikmalaya yang kondisinya kian memprihatinkan.

Dia menceritakan, sebelum terjun ke lapangan, pihaknya terlebih dahulu melakukan assesment-assesment terkait persoalan sosial di Kota Tasikmalaya. Setelah itu, melakukan advokasi dengan mendatangi dinas terkait atau melakukan gerakan yang dilakukan secara mandiri.

“Fokus gerakan kami itu di PMKS dan PSKS. Kita melirik semua itu untuk membantunya karena mereka sebenarnya memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Misalnya kasus HIV/AIDS, mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, baik pencegahannya atau cara penanggulangannya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya melakukan pengembangan kepada organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di pedesaan. Memberikan pelatihan dan pembinaan berkaitan dengan administrasi organisasi, potensi individu, dan lain-lain. “Kemarin di Culamega. Alhamdulillah sekarang mereka sudah bisa bergerak dan mampu mengakses bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah,” tandasnya. (millah/initasik.com)