Ekbis

Pajak Hotel dan Tempat Hiburan Meleset

Kota Tasik | Dispenda Kota Tasikmalaya menargetkan, tahun ini penerimaan pajak sebesar Rp 75.503.000.000. Realisasi sampai 4 Desember 2015 baru mencapai Rp 75.120.000.000. Ada beberapa item pajak yang belum masuk, sehingga angkanya masih di bawah target.

“Sampai akhir Desember mudah-mudahan kita bisa mendapat Rp 79 miliar, karena di bulan Desember ini ada yang belum bayar dari restoran, reklame, dan lainnya,” sebut Kepala Dispenda Kota Tasikmalaya, Asep Goparullah, dalam papar kinerja di aula bale kota, Selasa, 8 Desember 2015.

Ia menyebutkan, ada dua mata pajak yang pencapaiannya meleset dari target, yaitu pajak hotel dan tempat hiburan. Untuk hotel, dari target Rp 2,6 miliar, baru tercapai Rp 1,9 miliar. Begitupun tempat hiburan yang ditargetkan Rp 2,2 miliar, baru terrealisasi Rp 1,9 miliar.

“Kondisinya memang sedang seperti ini. Bukan hanya di Kota Tasik, daerah lain pun sama. Penerimaan pajak dari hotel turun, karena dampak ekonomi dan sempat ada larangan rapat di hotel. Tahun 2014 capaian pajak dari hotel kita mendapat Rp 2,2 miliar,” terang Asep.

Dari tempat hiburan, seperti bioskop, pijat refleksi, biliar, tempat karaokean, dan lainnya pun sama. Tingkat kunjungan menurun, gara-gara kondisi ekonomi makro yang melesu. “PBB juga belum tercapai, dari target Rp 17,5 miliar, sampai hari ini baru Rp 17.050.000.000. Mudah-mudahan sisanya bisa tercapai sampai akhir tahun,” harapnya.

Sementara target pendapatan dari Dishubkominfo, secara keselurahan, target Rp 5,3 miliar diyakini bisa tercapai. “Ada beberapa item yang tidak tercapai targetnya, tapi ada item lain yang pencapaiannya melebihi target,” ujar Kadishubkominfo Aay Z Dahlan. initasik.com|shan

Komentari

komentar