Pantai Bubujung Indah Menunggu Diperindah
Desa

Pantai Bubujung Indah Menunggu Diperindah

Kabupaten Tasik | Rencana pengembangan pantai Bubujung Indah, Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, acap kandas tak jelas ujung. Padahal, wacana pembangunannya sudah dihembuskan sejak lama.

Kepala Desa Ciheras, Badru Salam, menyebutkan, hampir sejak tujuh tahun lalu sudah ada rencana pengembangan pantai yang berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Garut tersebut. “Sampai sekarang belum ada realisasinya. Hanya katanya dan katanya. Katanya akan dibangun 2010, lalu 2013, sekarang beda lagi. Katanya akan dibangun nanti 2015,” sesal Badru kepada initasik.com, dalam satu kesempatan.

Menurutnya, pengembangan pantai Bubujung Indah itu perlu dilakukan, karena potensinya bagus. Selain menawarkan keindahan pantai, di sekitarnya juga ada tebing batu yang bisa dimaksimalkan untuk rekreasi dan olahraga. “Tempatnya kan ada di perbatasan Tasik-Garut, jadi bisa menjadi tempat rekreasi utama warga di kedua kabupaten itu. PAD juga bisa bertambah,” tandas Badru.

Sekdes Ciheras, Yati Lumere, menambahkan, pantai itu sudah dua kali didatangi konsultan, dan dibuatkan masterplannya. “Wacana pembangunannya sudah mencuat sejak 2008, tapi sampai sekarang belum dikerjakan juga. Alasannya, pantai Bubujung belum didaftarkan ke Dinas Pariwisata provinsi. Itu kata mereka,” ujarnya.

Yati menyebutkan, setidaknya perlu Rp 101 miliar untuk pembangunan pantai Bubujung Indah. “Dalam masterplan itu digambarkan akan dibangun waterboom, pom bensin, sarana panjat tebing, dan lain-lain,” sebutnya.
Selama ini, sambung Yati, pantai tersebut hanya digunakan warga sekitar dengan cara alakadarnya. Tapi, kendati fasilitas di dalamnya baru seadanya, tempat itu berubah ramai saat liburan lebaran. Banyak orang berwisata, pedagang pun berdatangan. “Prospeknya bagus kalau Bubujung ini dikembangkan dan dikelola dengan benar,” pungkasnya. initasik.com|ashani/usep

Komentari

komentar