Edukasi

Pantomim; Bukan Sekadar Tontonan, Tapi Juga Bisa Jadi Tuntunan

initasik.com, edukasi | Banyak manfaat yang didapat dari berpantomim. Ia adalah seni bercerita yang bersumber dari imajinasi melalui ekpsresi dan gerak yang penuh perasaan dan penjiwaan. Seni tanpa dialog.

Pantomim bukan hanya tontonan menghibur, tapi juga sebagai tuntunan yang dapat membentuk karakter. “Pantomim itu seni kecerdasan mengolah gerak. Bahasa Tubuh. Pengungkapan Emosi. Terlebih bagi anak-anak bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan kepekaan rasa,” terang Nurdin Efiss, seniman yang juga pendidik di Kabupaten Tasikmalaya.

Menurutnya, dalam pantomim kekuatan imajiner sangat penting. Bagi anak-anak, imajinasi merupakan dunianya, sehingga mereka akan mudah untuk mempelajarinya. “Dunia anak-anak itu tanpa disadari mulai terkikis oleh modernisasi. Sekarang, anak secara tidak sadar dipaksa untuk mengimajinasikan apa yang ditonton dan didengar yang kesemuanya itu dipilihkan media,” tuturnya.

Imajinasi, lanjut dia, modal awal menciptakan motivasi, inovasi, dan kreasi. Pantomim dapat melatih rasa percaya diri, kepekaan rasa dan membentuk mental serta karakter. “Imajinasi dan rasa adalah unsur yang paling bermanfaat dalam seni pantomim selain unsur gerak, pengolahan emosi, dan bahasa tubuh,” ujarnya.

Ia menambahkan, manfaat mempelajari pantomim juga sebagai media bagi anak agar bisa mengetahui sebab-akibat dari sebuah tindakan. Anak-anak akan mengamati, merasakan, dan mempelajari setiap geraknya. Berusaha menghadirkan sesuatu yang tidak ada dan dirasakannya.

“Dengan begitu, anak-anak akan mengenal berbagi macam jenis ekspresi. Mempelajari apa yang mereka lihat dan belajar untuk merasakan, sehingga mereka peka,” pungkasnya. syamil

Komentari

komentar