Dok. initasik.com
Birokrasi

Para Kepala Desa Diminta Asuransikan Mobil Dinas

initasik.com, birokrasi | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Wawan Effendi, mengingatkan para kepala desa untuk mengasuransikan mobil dinasnya.

Hal itu penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian. Belum lama ini dua mobil dinas kepala desa telah dicuri. Sampai sekarang belum diketahui keberadaannya.

“Sejak awal saya mengimbau para kepala desa untuk hati-hati dalam menyimpan mobil dinasnya. Keamanannya digandakan. Pakai alarm atau kunci ganda. Juga harus diasuransikan,” ujarnya, Kamis, 28 September 2017.

Namun, tidak semua kepala desa melaksanakan imbauannya. Hanya sebagian yang sudah mengasuransikan mobil dinas seharga Rp 140 jutaan itu. “Padahal, biaya asuransinya murah. Hanya Rp 600 ribu. Uangnya bisa diambil dari APBDes. Tapi banyak yang tidak menggubrisnya,” tandas Wawan.

Menurutnya, kalau sudah diasuransikan, jika suatu saat nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, perusahaan asuransi akan bertanggung jawab. Namun, karena dua mobil dinas yang dicuri itu belum diasuransikan, maka kepala desanya harus bertanggung jawab. [Jay]