Peristiwa

Para Kepala Desa Ikuti Sosialisasi Aturan Penggunaan Dana Desa

initasik.com, peristiwa | Para kepala desa dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), di Gedung Kejari Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, 24 Agustus 2017.

Sosialisasi fokus terhadap aturan penggunaan dana pembangunan bagi desa yang dialokasikan pemerintah pusat agar tidak menimbulkan persoalan.

Kajari Kabupaten Tasikmalaya, Laswan SH, mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan berdasarkan pada Intruksi Presiden RI No 7 tahun 2015 dan ditindaklanjuti dengan putusan Jaksa Agung No 152 tahun 2015, itu bertujuan untuk melakukan pengawalan terhadap pembangunan di desa supaya anggaran terserap dan tepat guna dan tepat sasaran.

“Kami sendiri tahun lalu telah melakukan MoU dengan Pemkab Tasikmalaya, makanya sosialisasi ini kemudian digelar. Sosialisasi fokus terhadap tata cara penggunaan dana desa, aturan hukumnya, yang dilaksanakan berujung kepada Peraturan Bupati dan Juknisnya. Itu yang harus menjadi panduan dalam menggunakan dana desa,” sebutnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB), Wawan Ridwan Effendi, mengatakan, pihaknya ikut serta berperan dalam membantu pengelolaan dana desa agar tepat sasaran dan sesuai aturan, sehingga tidak ada persoalan.

“Kami sendiri merasa tenang, karena ketika ada persoalan akan melakukan dialog dan diskusi. Kegiatan ini akan sangat membantu pelaksanaan di lapangan agar bisa bekerja sesuai dengan aturan. Juga mengingatkan agar para kepala desa bisa melaksanakan dan menaati aturan yang ditetapkan. Kejaksaan di sini ikut membantu membentengi dan memagari agar tidak terjadi persoalan di lapangan,” papar Wawan. [Kus]