Edukasi

Para Siswa Diingatkan Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

initasik.com, edukasi | Dewan Santri Pondok Pesantren Sukamanah KH Zainal Musthafa, Edi Bukhori, mengingatkan para siswa untuk selalu bijak saat menggunakan media sosial. Bila tidak, yakinnya, itu akan berakibat fatal.

Ia menyebutkan, di pesantrennya, seluruh siswa tidak diperkenankan membawa dan menggunakan gadget secara bebas. Mereka mengakses internet hanya sesekali, ketika praktik komputer atau ketika mendapatkan telepon dari keluarganya. Dalam keseharian, mereka hanya konsentrasi terhadap pelajaran dan pengajian.

“Banyak sekali kasus yang berujung pidana seperti diberitakan di televisi, jelas hal itu membuat kami khawatir. Makanya mereka yang hendak pulang dan berada di rumah selama libur lebaran, kami bekali dan diingatkan agar bijak serta cerdas dalam bermain di internet. Karena saat ini bukan hanya peribahasa mulutmu harimaumu, melainkan jarimu juga bisa menjadi harimaumu,” ungkap Edi.

Menurutnya, hampir 80 persen siswa di pesantrennya memiliki akun media sosial yang sebenarnya memiliki dua sisi kelebihan dan kekurangannya. “Sisi positifnya sebenarnya sangat banyak, pengetahuan semua bisa diakses di sana. Hingga bisnis pun bisa dilakukan melalui internet, tetapi bahaya lainnya juga tidak kalah besarnya dan tentu penggunanya harus mendapatkan peringatan,” jelas Edi. [Kus]