Sejumlah bakal calon legislator mengikuti tes kesehatan di RSDU dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya | Eri/initasik.com
Sosial Politik

Parpol Harus Tawarkan Caleg Berkualitas

initasik.com, politik | Tahapan pemilihan calon anggota legislatif 2019 sudah dimulai. Para bakal calon menjalani proses pemeriksaan kesehatan, psikotes, dan tes bebas narkoba sebagai salah satu persyaratan yang harus dilampirkan ke KPU.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zainul Muttaqin, menegaskan, surat keterangan sehat merupakan salah satu persyatatan yang wajib dilampirkan bakal calon legislator untuk maju dalam pileg 2019. “Bukan hanya itu, fotokopi KTP, SKCK, legalisir ijazah juga perlu,” ujarnya, Selasa, 10 Juli 2018.

Setelah persyaratan itu diserahkan, KPU akan memverifikasinya terlebih dahulu sebelum ditetapkan sebagai daftar calon tetap. Kendati sampai hari ini belum ada yang mendaftar, Ade mengaku progres dalam persiapan untuk Pileg 2019 sampai sejauh ini lancar.

Pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan semua partai politik (parpol) untuk memastikan kelancaran pemenuhan persyaratan para bakal calon. Ia menyebutkan, ada tiga daerah pemilihan yang akan memerebutkan 45 kursi di DPRD Kota Tasikmalaya.

Ia berharap, setiap parpol menyeksi para bakal calon anggota legislatif dilakukan secara demokratis dan terbuka “Paling penting, calon-calon yang ditawarkan kepada masyarakat adalah yang berkualitas secara moral dan intelektual,” tandasnya. [Eri]