Nia Nurhamidah | Jay/initasik.com
Informasi

Pasutri dari Nikah Siri Diimbau Segera Ajukan Itsbat

initasik.com, informasi | Pasangan suami istri (Pasutri) dari pernikahan siri diimbau untuk segera mengajukan permohonan itsbat nikah ke Pengadilan Agama. Prosedurnya mudah. Biayanya juga terbilang murah.

Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalaya Nia Nurhamidah, menyebutkan, biaya itsbat nikah di bawah Rp 1 juta. Tergantung lokasi. Kalau untuk wilayah Kecamatan Padakembang, misalnya, tidak sampai Rp 200 ribu. Sedangkan untuk daerah yang jauh dari kantor pengadilan, seperti Kecamatan Cikalong, kisarannya Rp 600 ribu.

“Untuk itsbat nikah bisa langsung datang ke Pengadilan Agama. Membuat surat permohonan. Itu khusus untuk pernikahan siri yang bukan poligami. Kalau yang poligami istilahnya gugatan, tapi tetap bisa diproses untuk itsbat nikah,” tuturnya, Kamis, 28 September 2017.

Menurutnya, itsbat nikah itu penting dilakukan agar pernikahan siri diakui negara dengan mendapat akta nikah. Dengan akta nikah itu, hak-hak anak hasil dari pernikahan siri bisa dipenuhi, seperti mendapat akta kelahiran.

Ditanya soal jumlah pernikahan siri di Kabupaten Tasikmalaya, ia mengaku tidak mempunyai angka pasti. Namun, ia meyakini jumlahnya banyak. Sementara untuk perceraian rata-rata dalam satu bulan tercatat ada 300 kasus. Dominannya merupakan gugatan istri. “Suaminya tidak bertanggung jawab dalam memberi nafkah lahir dan batin,” ungkap Nia. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?