Informasi

Patung Maung Siliwangi Ternyata Buatan Tentara

initasik.com, informasi | Sejumlah patung maung Siliwangi yang tersebar di beberapa markas komando militer, baik koramil atau kodim, di Jawa Barat ternyata bukan karya seniman pahat. Patung-patung itu merupakan hasil karya prajurit Siliwangi yang bekerja di bengkel Detasemen Peralatan TNI AD, Jl. Tentara Pelajar, Kota Tasikmalaya.

Komandan Detasemen Peralatan, Kapten Eko Basuki, mengatakan, patung-patung itu awalnya dibuat untuk menyaluran bakatnya yang memang memiliki jiwa seni turunan dari orangtuanya. Setelah dikembangkan dan berkoordinasi dengan anak buahnya, seni patung hasilnya tersebut mendapatkan pujian dari beberapa pihak.

Alhasil, patung maung Siliwangi ini kini di setiap markas koramil wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, sebagian Cimahi dan Indramayu sudah memakai maung hasil karyanya. Menurutnya, patung tersebut dibuat berdasarkan pesanan. Hingga kini ia mengaku sudah membuat lebih dari 130 patung berbagai ukuran dengan mengunakan bahan dari fiber dan kerangka besi.

Setiap patung harganya antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta, tergantung bentuk dan ukuran. Selain memenuhi pesanan internal TNI, bisa membuatkan patung untuk berbagai jenis untuk perorangan. [TS]