Firmansyah (pakai topi) | Dan/initasik.com
Ekbis

Pelaku UMKM Didorong Siap Hadapi Persaingan Tanpa Batas

initasik.com, ekbis | Kemajuan teknologi informasi merambah segala lini. Bukan hanya menjamah ranah formal, tapi pula menyusup ke wilayah nonformal. Untuk beli nasi goreng saja, misalnya, bisa sambil tiduran di kamar. Tak berselang lama, pesanan datang. Transaksi via aplikasi online memungkinkan itu.

Kepala Dinas UMKM, Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Firmansyah, mengatakan, pihaknya terus membina sekitar 6.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Menurut pantauan kami di lapangan, sebagian besar produk UMKM yang sudah dikomersilkan sudah cukup banyak, namun upaya untuk mengarahkan mereka ke e-commerce perlu terus dilakukan,” ujarnya kepada initasik.com, Selasa, 9 Januari 2018.

Sampai sekarang, banyak di antara mereka yang sudah melek teknologi dan memanfaatkannya untuk memajukan usaha. Kesadaran untuk memasarkan barang melalui sistem online terus tumbuh.

Ia berharap, para pelaku UMKM terus meningkatkan kreativitas dan inovasi, sehingga senantiasa diterima pasar. Pihaknya pun mendorong dan mempermudah mereka untuk mendaftarkan usahanya dan mendapatkan sertifikat atau label produk.

“Publik sekarang lebih memilih produk-produk berstandar dan berkualifikasi. Jadi, inovasi dan kreativitas para pelaku UMKM ikut menunjang kesuksesan para pelaku UMKM untuk bisa bersaing dengan produk-produk nasional,” tuturnya. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?