Informasi

Pembangunan Kota Jangan Rusak Lingkungan Hidup

initasik.com, informasi | Kota Tasikmalaya harus jadi yang termaju dalam bidang industri dan perdagangan di Priangan Timur pada 2025. Namun, untuk mewujudkan itu jangan sampai merusak lingkungan hidup.

Demikian disampaikan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, saat menghadiri konsultasi publik penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tahun 2017 s.d. 2025, di salah satu hotel, Senin, 26 Maret 2018.

“Bagaimanapun kita harus betul-betul menjaga pertumbuhan ekonomi, baik dalam sektor perdagangan maupun industri. Semua itu harus tumbuh, tetapi jangan sampai mengganggu lingkungan,” tuturnya.

Untuk itu, ia mengingatkan, dalam RPJMD yang sedang disusun, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (LKHS) wajib ada. “Jangan sampai terpisah antara pembangunan dengan menyangkut masalah lingkungan. Itu satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Kerangka yang utuh bagi seluruh stakeholder, baik pemerintah maupun dunia usaha,” tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Dudi Mulyadi, menambahkan, KLHS wajib ada di setiap wacana pembangunan daerah, mulai di RT/RW, RDTR, sampai RPJMD. “Sekarang kita mau RPJMD, jadi harus mengkaji lagi KLHSnya,” imbuh Dudi. [Eri]