Eri | initasik.com
Ekbis

Pembeli Kelom Geulis Tasik Didominasi dari Luar Kota

initasik.com, ekbis | Kelom geulis yang banyak diproduksi di daerah Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, ternyata banyak dibeli orang dari luar daerah, mulai Bandung sampai Nusa Tenggara Timur.

“Pembeli dari dalam kota bisa dibilang kurang,” sebut Ridwan Samsudin, karyawan toko kelom geulis Karima Kai milik Eming Muhaemin, di Jl. Gobras, Kota Tasikmalaya.

Setiap kali pengiriman, kata Ridwan, pemesanan dari luar kota bisa mencapai empat dus atau kurang lebih 300 sampai 400 pasang kelom geulis. Pengirimannya tiga bulan sekali. Soal harga, itu relatif. Mulai dari Rp 50 ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung jenis bahan atasan sandal. Kalau yang memiliki atasan dari bahan kulit domba, dibandrol dengan harga Rp 1 juta.

Ia menerangkan, bahan dasar kelom geulis biasa menggunakan kayu mahoni yang dipesan dari Salopa. Kayu alba kualitasnya kurang baik. Dalam jangka waktu satu tahun saja terkadang muncul retakan, atau bahkan patah.

“Beda halnya dengan kayu mahoni. Selain ringan, juga lebih kuat. Otomatis masa pakainya bisa lebih awet,” imbuhnya. [Eri]