Suasana di kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya | Dok. initasik.com
Informasi

Pembuatan Akta Kelahiran Naik Jelang Tahun Ajaran Baru

initasik.com, informasi | Ada banyak momentum yang menyebabkan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya selalu meningkat bila dibandingkan hari-hari biasa.

Misalnya saat pembukaan tes CPNS atau pendaftaran anggota TNI-Polri. Banyak masyarakat yang datang membuat atau merevisi akta kelahiran mereka. Namun, menjelang masuk sekolah pemohon akta kelahiran akan meningkat banyak.

Kepala Bidang Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Ano Gani Poniman, mengatakan, tahun ajaran baru menjadi waktu yang paling banyak pemohon pembuatan akta kelahiran sebagai salah satu syarat masuk ke sekolah dasar.

Ia mengapresiasi masyarakat yang semakin sadar tentang pentingnya kepemilikan akta kelahiran. Tahun ini Kabupaten Tasikmalaya menempati urutan keenam di Jawa Barat dalam pencapaian kepemilikan akta kelahiran. Hampir 89 persen anak usia 0 s.d. 18 tahun sudah memiliki akta kelahiran.

Gani menyebutkan, pencapaian 2018 jauh lebih baik dibanding tahun 2017 lalu yang hanya 32 persen. “Data kependudukan ini memang dinamis, tidak selalu tetap. Besok bisa berkurang akibat adanya kematin atau pindah, sehingga mengurangi persentase,” ujarnya, belum lama ini. [jay/initasik.com]