Peristiwa

Pembukaan Kontes Ternak se-Jawa Barat di Hari Terakhir Acara

initasik.com, peristiwa | Kontes ternak se-Jawa Barat yang digelar di lapang Dadaha, Kota Tasikmalaya, sudah digelar sejak Selasa, 17 Juli 2018. Namun, acara tersebut baru resmi dibuka hari ini, Kamis, 19 Juli 2018, oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan.

Di hari pembukaan itu pula kontes tersebut berakhir. Penyelenggaraannya selama tiga hari. Selasa sampai Kamis. “Memang seperti itu agendanya,” kelit Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, Kota Tasikmalaya, Zulyaden.

Menurutnya, pembukaan dilakukan pada saat hari terakhir agar saat pejabat dari Pemprov Jawa Barat bisa hadir. Pasalnya, di hari pertama, kegiatan belum sepenuhnya bisa diselenggarakan.  Peserta kontes belum semuanya hadir. “Di hari pertama itu loading dulu. Para peserta mempersiapkan ternak mereka. Lalu di hari kedua dilakukan penilaian,” ujarnya.

Sementara itu, Iriawan berharap acara tersebut jangan hanya dijadikan sebagai ajang kontes, tetapi harus dijadikan bahan acuan untuk menjadi peternak terbaik yang bisa menghasilkan bibit ternak menjadi lebih baik.

Menurutnya, di Jawa Barat ini banyak ternak unggulan yang bisa bersaing dalam ranah nasional. Untuk itu, ia mengimbau kepada para pemangku kepentingan untuk bisa duduk bersama melibatkan para peternak. “Jadi, saya tegaskan, jangan hanya melihat kontesnya. Tetapi juga harus bisa meningkatkan kualitas bibit ternak menjadi lebih baik lagi,” tandasnya. [Eri]