Desa

Pemdes Cogreg Pasang Spanduk APBDes sebagai Bentuk Transparansi

initasik.com, desa | Besarnya dana desa yang dikeluarkan pemerintah sangat rentan dikorupsi. Perlu partisipasi dan pengawasan masyarakat agar penggunaannya tepat sasaran. Kepala Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Holis Marwan, menegaskan, transaparansi anggaran desa sangat penting untuk ketepatan pembangunan.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan penggunaan  APBDes 2017. “Semua sudah kita sertakan dalam spanduk yang dipasang di depan. Masyarakat bisa tahu dan sama-sama mengawasi penggunaan APDes tahun ini,” tuturnya.

Holis memaparkan, tahun ini Desa Cogreg akan fokus pada pembangunan infrasturktur, seperti jalan desa, drainase, lembaga pendidikan, tempat ibadah dan lain-lain. Ke depan, pihaknya akan lebih meningkatkan kerja sama dengan masyarakat, mengingat potensi lokal yang sangat luar biasa dan dibutuhkan untuk kemajuan Desa.

“Potensi masyarakat sangat banyak. Contohnya wajit pangapekan sudah mulai dilirik oleh perusahaan besar di kota. Bisa saja k edepan itu bisa dikembangkan dengan membangun kerja sama antara desa dan masyarakat,” paparnya.

Robi Ahmad, pendamping Desa Cogreg, menyebutkan, pemasangan spanduk APBDes itu sesuai dengan instruksi kementerian terkait. “Seluruh anggaran APBDes sekarang wajib untuk disosialisasikan kepada masyarakat, minimal dalam bentuk spanduk yang dipasang di depan kantor desa,” tandasnya. [Ilyas]