Jay | initasik.com
Birokrasi

Pemerataan Pembangunan Menekan Kesenjangan Ekonomi

initasik.com, birokrasi | Pembangunan infrastruktur di Kota Tasikmalaya terus digenjot. Jalan-jalan dihotmix. Kantor-kantor pemerintahan dipercantik, tak terkecuali gedung-gedung pelayanan publik. Namun, angka kemiskinan masih tinggi, meski ada penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengakui itu. Saat memberi amanat dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-109, di halaman Bale Kota, Senin, 22 Mei 2017, ia mengatakan, selama empat tahun ke belakang, pembangunan fokus pada infrastruktur.

“Kita ingin melakukan pemerataan pembangunan di semua wilayah. Di wilayah timur tingkat kemiskinannya masih tinggi. Maka, kita lakukan pemerataan pembangunan infrastruktur, termasuk pengembangan kampus Unsil diarahkan ke wilayah timur,” tuturnya.

Di sebelah barat, sambungnya, telah dibangun Jalan Mangkubumi-Indihiang sepanjang 7 kilometer. Sementara di wilayah utara akan dibangun jalan lingkar utara. Begitupun di wilayah selatan. “Tahun ini sudah masuk tahapan DED untuk jalan lingkar selatan,” ungkap Budi.

Selain itu, pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan semaksimal mungkin diupayakan dalam menekan kesenjangan ekonomi di masyarakat. “Rasio gini ada penurunan. Setiap proses pembangunan di segala aspek kita upayakan semaksimal mungkin. Angka pengangguran menurun jadi 4 koma sekian, sebelumnya 5 koma sekian,” sebutnya. [Jay]