Peristiwa

Pemilik Lapak Terbakar di Pasar Indihiang Berharap Segera Ada Solusi

initasik.com, peristiwa | Dedeh Daliah, pedagang di Pasar Indihiang, tidak bisa menyembunyikan kesedihannya lantaran tempat usahanya habis terbakar, Kamis malam. Wanita paruh baya yang kios sayurannya habis dilahap si jago merah mengaku alami kerugian sampai jutaan rupiah. Semua barang daganganya tak ada yang bisa diselamatkan.

Ia menceritakan, saat peristiwa terjadi, Dedeh sedang berada di rumah. “Lagi tidur. Tba-tiba dibangunin anak, katanya kios terbakar. Kaget. Langsung ke sini, ternyata api sudah besar,” beber Dedeh saat ditemui di lokasi bekas kebakaran, Jumat, 3 Agustus 2018.

Musibah itu membuatkan terpukul. Ia mengaku bingung mencari modal untuk membangun lapak dan belanja barang agar bisa berjualan lagi. Padahal, lapak itu merupakan lahan satu-satunya bagi Dedeh untuk mencukupi kebutuhan keluarga. “Biasanya setiap hari saya kalau jualan lagi ramai dapet Rp 1,5 juta. Sekarang malah ngga bisa jualan. Bingung,” ucapnya.

Yayah, pedagang bubur ayam, mengalami hal serupa. Siang harinya, sebelum terjadi kebakaran, ia baru belanja peralatan dan bahan bubur. “Sekarang saya bingung mau jualan gimana, buat makan dari mana. Saya punya anak yang butuh biaya. Kalau menunggu perbaikan, pasti lama,” katanya.

Mereka berharap, pemerintah Kota Tasikmalaya bisa secepatnya memberikan solusi dan bisa berdagang seperti sedia kala. Diperkirakan, kerugian material dari kebakaran itu mencapai Rp 600 juta. [Eri]