Foto: Kominfo Kab. Tasik
Peristiwa

Pemkab Tasik Ajak Pondok Pesantren Siap Siaga Bencana


initasik.com, peristiwa | Sebagai upaya antisipasi dan pengurangan risiko bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, menyelenggarakan workshop bersama para pimpinan pondok pesantren, di pendopo lama, Rabu, 7 Februari 2018.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, EZ Alfian, mengatakan, acara tersebut bertujuan agar setiap pesantren bisa siaga dan mampu menanggulangi bencana yang ada di wilayahnya. “Di Kabupaten Tasikmalaya ada ribuan pesantren. Itu suatu kekuatan yang apabila larut dalam penanggulangan bencana punya kekuatan besar. Itulah alasanya kenapa kita adakan workshop pengurangan risiko bencana berbasis pesantren,” tuturnya.

Menurutnya, ke depan pihaknya akan lebih berkoordinasi dengan para pemimpin pesantren untuk memberikan pemahaman juga pelatihan terkait penanggulangan bencana alam. Ia berharap, dengan digelarnya acara tersebut, pondok pesantren yang berada di setiap kecamatan bisa mandiri untuk menanggulangi bencana alam.

“Minimalnya, setelah diberikan pemahaman dan latihan, mereka bisa punya kemandirian untuk selamatkan diri dari bencana. Bahkan bisa membantu masyarakat lain yang terkena dampak bencana,” tandasnya. [Eri]

 

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?