Ilustrasi penghitungan suara dalam pilkada | Dok. initasik.com
Informasi

Pemkab Tasik Ancang-ancang Gelar Pilkada

initasik.com, informasi | Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu daerah yang bakal mengikuti pilkada serentak pada 2020. Pemerintah daerah ancang-ancang. Segera hitung kebutuhan anggaran.

Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra, mengatakan, idealnya menjelang semester kedua tahun 2019 ini pembahasan anggaran sudah dilaksanakan, karena di awal 2020 sudah masuk tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara oleh KPU.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan anggaran Pilkada 2020, pemerintah daerah akan secara bertahap menganggarkannya di APBD Perubahan 2019. Anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkada 2020 diprediksi cukup besar, meskipun secara angka belum bisa ditaksir secara pasti. “Pemkab sendiri tidak menganggarkan khusus anggaran untuk pilkada,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Arif Rachman, memperkirakan, kebutuhan anggaran untuk pilkada 2020 mencapai Rp 150 miliar. Rinciannya, untuk KPU Kabupaten Tasikmalaya Rp 85 miliar, Bawaslu 36 miliar, belum termasuk anggaran pengamanan, pembentukan desk pilkada dan lainnya. [tia/initasik.com]