Peristiwa

Pemkab Tasik Apresiasi “Raksa Lembur” Jaga Lingkungan

initasik.com, peristiwa | Raksa Lembur. Nama komunitas yang satu ini mungkin masih asing di telinga orang banyak. Namun, andil mereka dalam menjaga lingkungan tidak diragukan lagi. Konsistensinya terjaga.

Untuk itu, Bappeda Kabupaten Tasikmalaya mengundang Raksa Lembur untuk berdialog, Kamis, 19 September 2019. “Komunitas Raksa Lembur sangat peduli pada permasalahan lingkungan. Ini patut dicontoh. Kami sangat mengapresiasi langkah mereka. Kami berharap, ini bisa dilakukan di daerah-daerah lainnya,” tutur Sekdis Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Aam Rahmat.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Raksa Lembur, Ahmad Tazakka, memaparkan program dan usaha yang telah dilakukan komunitasnya. Selain pendirian bank sampah, Raksa Lembur juga konsisten dalam menjaga lingkungan dengan membersihkan sungai-sungai.

“Alhamdulillah, sekarang sudah ada 32 kecamatan dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya sudah bergabung dengan Raksa Lembur. Kami ingin membentuk Raksa Lembur di tingkat RW dan RT. Kalau gerakan ini sudah menyeluruh, permasalahan sampah akan bisa teratasi,” paparnya.

Ia menegaskan, pihaknya selalu terbuka dengan siapapun, termasuk pemerintah, untuk bersinergi dalam menanggulangi permasalahan sampah. “Kami ingin mengajak seluruh masyarakat dalam menjaga lingkungan,” tandasnya. [kos/initasik.com]