Birokrasi

Pemkab Tasik Bakal Beri Insentif Guru PAUD

initasik.com, birokrasi | Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, memuji dedikasi para guru PAUD. Kendati belum diakui oleh pemerintah dan tidak mendapatkan insentif, mereka tetap semangat mendidik para generasi penerus bangsa.

Pujian itu dilontarkan Ade saat menghadiri HUT ke-14 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Tasikmalaya, di Islamic Center, Rabu (28/8).

“Kalau saya boleh memilih, ini misalnya, kalau disuruh memilih, maaf ibu polwan, memilih guru PAUD atau polwan, saya memilih guru PAUD. Kenapa? Karena walaupun tidak diakui pemerintah, walaupun belum diberikan insentif, para guru PAUD tetap rajin memanfaatkan diri agar berguna untuk orang lain,” tutur Ade disambut tepuk tangan hadirin.

Menurutnya, peran para guru teramat besar dalam mendidik yang seharusnya itu tanggung jawab orangtua, terutama ayah. Ade mengatakan, sebenarnya mendidik adalah kewajiban seorang bapak. Namun, karena ada kesibukan lain untuk menafkahi keluarga, kewajiban mendidik itu dipercayakan kepada lembaga pendidikan.

“Sebagian beban orangtua untuk mendidik dan mengarahkan anak bangsa ini telah dilakukan para guru. Lebih dari 50 persen telah dilakukan para guru. Sudah selayaknya kita berterima kasih kepada para guru,” paparnya.

Sebagai bentuk apresiasi, bupati menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah mengajukan anggaran untuk insentif bagi para guru PAUD. Itu telah diajukan ke legislatif. Tahun depan harus bisa dimanfaatkan.

“Di tengah segala keterbatasan, kami telah mengajukan ke DPRD anggaran untuk intensif bagi para guru PAUD. Mohon jangan dilihat besar kecilnya, tapi pandang ada niat baik dari kami selaku pemerintah,” tutur Ade.

Ia mengharapkan, insentif itu akan menambah semangat mendidik para guru. “Baru kali ini pemkab memberikan insentif bagi para guru PAUD. Mohon maaf bila belum bisa memberikan seperti yang diharapkan,” ucapnya.

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Sera Sani menyampaikan, pemberian insentif bagi para guru PAUD rencananya akan dilakukan pada 2020. Ditanya soal besaran, Sera menyebutkan hal itu masih belum bisa disampaikan. [wrd/initasik.com]