Ilustrasi | Dok. initasik.com
Informasi

Pemkab Tasik Berencana Bangun Rumah Sakit di Cikatomas

initasik.com, informasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana membangun rumah sakit tipe D di daerah Cikatomas. Itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

Pasalnya, saat ini di Kabupaten Tasikmalaya baru ada dua rumah sakit tipe C, yaitu Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama yang dimiliki pemerintah, dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Respati, milik swasta.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, dr. Faisal Soeparyanto, mengatakan, kedua rumah sakit itu belum bisa mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kabupaten Tasikmalaya punya sekitar 1,8 juta penduduk, tetapi baru punya 230 tempat tidur  di Rumah Sakit SMC dan 50 tempat tidut di RSIA Respati,” ujarnya.

Oleh karenanya, sambung Faisal, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya saat ini berencanamembangun rumah sakit baru bertipe D dengan jumlah tempat100 unit, plus bangsal untuk orang dengan gangguan jiwa. “Kelak akan kita kembangkan jadi RSUD tipe C,” jelasnya.

Dijelaskan, tahun depan rumah sakit Cikatomas itu akan mulai dibangun.“Tahapan yang di Cikatomas masterplansudah, feasibility study sudah, pematangan lahan tahun ini sudah, jadi saya rasa sudah siap bangun tahun depan. Tahun depan juga kita akan penuhi tenaga-tenaganya,” paparnya.

Ia menambahkan, pemerintah juga sudah menyiapkan anggaran untuk feasibility study untuk tiga rumah sakit lainnya untuk wilayah Karangnunggal, Ciawi, dan Manonjaya. [wrd/initasik.com]