Birokrasi

Pemkab Tasik Siapkan Anggaran Rp 50 Miliar untuk Mobil Dinas Kepala Desa

initasik.com, birokrasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah menganggarkan sekitar Rp 50 miliar untuk membeli mobil dinas kepala desa. Anggarannya sudah ada. APBD murni. Namun, karena e-katalog pembelian kendaraan belum ada, pembelian mobil dinas itu belum bisa dilakukan sekarang.

“Menurut informasi, e-katalog untuk semua jenis kendaraan belum terbit. Katanya akhir bulan April terbitnya. Ketika nanti e-katalog turun, kita langsung melangkah ke tahap selanjutnya,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Wawan R. Efendy, Kamis, 27 April 2017.

Ia menyebutkan, anggaran sebesar itu untuk pembelian mobil dinas bagi 351 desa di Kabupaten Tasikmalaya. Pagu per unitnya Rp 142 juta. “Itu untuk kendaraan operasional kepala desa dan membantu masyarakat miskin yang memerlukan pelayanan kesehatan. Tidak boleh di luar itu,” tandasnya.

Terkait boleh dipakai apa saja mobil dinas itu, Wawan menambahkan, pihaknya sudah memberikan pengarahan kepada para kepala desa untuk membuat peraturan desa. “Buka ruang untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Kejadian seperti yang di Cineam jangan terulang kembali,” jelasnya.

Diperkirakan, pembelian mobil dinas itu mulai berjalan Mei. Desa yang diprioritaskan mendapatkan mobil dinas adalah desa-desa yang berprestasi, seperti bagus dalam penarikan PBB, juara lomba desa tingkat kabupaten. [Jay]

Komentari

komentar