Budi Budiman (kanan) bersama Deni Diyana | Jay/initasik.com
Informasi

Pemkot Tasik Bakal Gelar Nobar Film G30S/PKI

initasik.com, informasi | Pemerintah Kota Tasikmalaya akan menggelar nonton bareng (nobar) film pengkhianatan Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI pada 30 September 2017 nanti. Pemutaran film tersebut dianggap perlu sebagai salah satu media pembelajaran sejarah, terutama bagi generasi muda.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, sampai sekarang PKI masih merupakan organisasi yang terlarang sesuai Ketetapan MPRS nomor 25 tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia.

“Pemutaran film itu untuk menyampaikan sejarah. Itu penting disampaikan, apalagi generasi muda sekarang berbeda zaman dengan kita. Dulu setiap tahun pasti ada pemutaran film, tapi beberapa tahun belakangan ini tidak ada. Sekarang akan diputar lagi. Tidak ada salahnya. Masyarakat harus tahu,” tuturnya saat diwawancara usai menghadiri pembukaan Gala Desa, di GOR Dadaha, Sabtu, 23 September 2017.

Menurutnya, di era kemajuan teknologi seperti sekarang, ada beragam informasi yang sampai ke masyarakat, baik melalui media massa atau media sosial. Informasinya macam-macam, termasuk soal adanya pihak-pihak yang mencoba mengganggu ideologi Pancasila. “Kita berkomitmen menjaga Pancasila,” tandasnya.

Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya, Deni Diyana, menambahkan, nonton bareng film G30S/PKI itu rencananya akan digelar di halaman kantornya, Jl. Cieunteung Gede, Kecamatan Cihideung, dan terbuka untuk umum. [Jay]