Ilustrasi | Jay/initasik.com
Informasi

Pemkot Tasik Bakal Rancang Program Sehari Bersepeda

initasik.com, informasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, akan merancang program sehari bersepeda bagi para Aparatur Sipil Negara Pemkot Tasikmalaya. Hal itu diucapkannya usai membuka gowes vaganza SMAN 1 Tasikmalaya, di Alun-alun Kota Tasikmalaya, Sabtu, 16 September 2017.

Ia menilai, program itu layak dijalankan sebagai salah satu upaya kepedulian pada lingkungan, terutama pengurangan emisi karbon yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor. “Kita harap, nanti ada program satu hari bersepeda bagi para PNS,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu bukan sesuatu yang mustahil dilakukan. Apalagi, jarak dari satu titik ke titik lain di Kota Tasikmalaya tidak terlalu berjauhan. Beda dengan Kabupaten Tasikmalaya. Ada orang Pagerageung yang berkantor di Singaparna, misalnya.

“Di kota-kota maju, sepeda sudah jadi pilihan utama dalam berkendaraan. Kembali ke sepeda. Itu memang harus segera dirancang untuk mengurangi emisi dan sebagainya. Bisa dijalankan, khususnya Jumat,” tutur Budi.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Tasikmalaya, Pipin Aripin, mendorong para peserta didik untuk memakai sepeda ke sekolah. Acara gowes vaganza itu merupakan salah satu cara agar siswa terbiasa pakai sepeda ke sekolah.

“Sekarang juga sudah ada beberapa siswa yang pakai sepeda ke sekolah, tapi memang jumlahnya belum banyak. Kita dorong para siswa bawa sepeda ke sekolah. Selain menyehatkan fisik, juga ikut mencintai lingkungan. Saat ini Kota Tasik mulai banyak kendaraan,” ujarnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?