Ilustrasi | Jay/initasik.com
Informasi

Pemkot Tasikmalaya Cari Investor Bangun PDAM

initasik.com, informasi | Pemerintah Kota Tasikmalaya tengah mencari investor yang siap membangun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, investasi di sektor itu prospeknya sangat bagus.

“Silakan, siapa saja boleh. Pengusaha yang bergerak di bidang properti di bidang sanitasi, bisa menangkap peluang ini,” ujar Budi saat bicara dalam Seminar Multistakeholders Tasikmalaya 2050: Landasan Kritis Menuju Pembangunan Tasikmalaya yang Berkelanjutan, yang digelar ikatan alumni SMAN 2 Tasikmalaya, di Hotel Santika, Kamis, 6 Juli 2017.

Menurutnya, sampai saat ini Kota Tasikmalaya belum memiliki PDAM. Sebagian masyarakat masih bergantung ke PDAM Tirta Sukapura milik Kabupaten Tasikmalaya. Itupun konsumennya didominasi warga kota.

“Yang baru terlayani PDAM kabupaten baru 27 persen . Tidak lebih. Prosepek bisnisnya masih terbuka lebar. Sumber airnya dari sungai Ciwulan. Kita sedang cari investor,” tandasnya.

Selain PDAM, Budi juga menawarkan peluang investasi di sektor pengelolaan sampah. Saat ini pembangunan fasilitas di tempat pembuangan sampah Ciangir sudah dilakukan. Tinggal pengoptimalan.

“Kami juga berencana membangun gedung promosi kerajinan Tasikmalaya. Tempatnya di jaluar Lanud (Wiriadinata) seluar dua hektar. Itu sebagai pusat promosi kerajinan. DEDnya sudah disusun. Data orang yang ziarah ke Pamijahan, satu tahun lebih dari satu juta orang. Rata-rata dari Jawa. Makanya kita tempatkan pusat kerajinan itu di jalur lanud,” tutur Budi. [Jay]