Ilustrasi pencari kerja | Dok. initasik.com
Peristiwa

Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Kabupaten Tasik Naik

initasik.com, peristiwa | Jumlah pemohon kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan KUKM Kabupaten Tasikmalaya mengalami kenaikan. Itu terjadi setelah lebaran. Diperkirakan akan begitu sampai Juli 2019.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan UMKM Kabupaten Tasikmalaya, Syafrudin Korompot, menyebutkan, dalam sehari tidak kurang ada 250 pemohon kartu kuning. Biasanya, dalam sehari hanya sekitar 50 orang.

Menurutnya, pelampiran kartu kuning dalam surat lamaran kerja menjadi nilai plus pelamar. Tanpa itu, biasanya lamaran akan diabaikan perusahaan. Tak heran, meski harus mengantre hingga berjam-jam, para pemohon kartu kuning tidak patah arang.

“Jumlah pemohon kartu kuning sejak sehabis lebaran sangat melonjak. Kebanyakan dibutuhkan oleh mereka yang akan mencari kerja ke luar daerah,” ujar Syafrudin, Jumat, 14 Juni 2019.

Diperkirakan, membeludaknya pemohon kartu kuning bakal terus terjadi hingga Juli nanti, seiring masa kelulusan tingkat SLTA. [Amo/initasik.com]