Seni Budaya

Penampilan Memukau dalam Festival Seni Sunda di Ciawi

initasik.com, seni budaya | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya kembali menggelar pasanggiri dan festival seni budaya Sunda. Kali ini dilangsungkan di lapang Alun-Alun Ciawi, Kamis, 7 November 2019. Acara yang digelar mulai pukul dua siang ini  menampilkan enam kelompok kesenian, mulai dari angklung buncis, bangklungan, sampai pencak silat.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dindin Saepudin, mengatakan, acara ini merupakan salah satu upaya untuk menggugah kembali potensi-potensi kebudayaan asli dari Kabupaten Tasikmalaya. Itu penting dilakukan agar budaya dan kesenian daerah bisa terus dikembangkan dan menjadi sarana hiburan yang sehat bagi masyarakat.

Dindin menyebutkan, pasanggiri dan festival seni budaya Sunda yang digelar di Ciawi ini merupakan rangkaian yang kedua dari enam kegiatan serupa yang akan dilaksanakan sampai pekan ketiga di bulan November.

Rangkaian pertama telah sukses dilangsungkan di Kecamatan Cineam, dan dibuka langsung Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto.

Pasanggiri dan festival seni budaya Sunda yang digelar di Kecamatan Ciawi ini diikuti enam kelompok kesenian, yaitu angklung buncis dari Kecamatan Ciawi, badeg dari Kecamatan Jamanis, bangklungan dari Pagerageung, silat dan pragmen ramayana dari Kecamatan Sukaresik, pencak silat dari Kecamatan Rajapolah, dan kelompok seni dari Kecamatan Kadipaten. Mereka tampil memukau dan berhasil menyuguhkan hiburan menarik bagi masyarakat. [wrd/initasik.com]