Opsih lapang Dadaha persiapan upacara Hari Kemerdekaan RI | Jay/initasik.com
Informasi

Penanggulangan Masalah Sampah Bukan Hanya Terkait Kebijakan, Tapi Juga Pola Pikir

initasik.com, informasi | Satu orang buang puntung rokok atau bungkus permen sembarangan mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi, bagaimana bila ada banyak orang dalam waktu bersamaan yang melakukan hal serupa?

“Masalah sampah ini sebenarnya berawal dari pola pikir yang salah. Mindsetnya harus diluruskan. Banyak dari kita yang beranggapan tak apa-apa buang puntung rokok sembarangan, toh tidak akan apa-apa ini. Itu salah,” tandas Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat, usai memimpin apel pagi gabungan yang dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih, di Lapang Dadaha, Selasa, 15 Agustus 2017.

Ia mencontohkan, meski dirinya tidak merokok, tapi suka makan permen. Bungkus permennya tidak dibuang sembarangan. “Bungkusnya saya masukkan saku baju. Nanti kalau ada tempat sampah, baru dibuang. Sebenarnya itu gampang, tapi banyak yang tidak melakukannya,” tandasnya.

Masih banyaknya masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan, ia meyakini, sebaik apapun kebijakan pemerintah tidak akan berdampak positif. Apalagi, jika kebijakan untuk penanggulangan sampahnya tidak terlalu serius.

“Kita memang masih harus meningkatkan sarana dan fasilitas untuk menanggulangi masalah sampah, termasuk petugas kebersihannya. Tapi masyarakat juga harus jadi petugas kebersihan, minimal bagi dirinya sendiri. Jangan buang sampah sembarangan. Semua harus diawali dari diri sendiri,” paparnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?