Birokrasi

Pencetakan KTP Elektronik Kabupaten Tasik Diusahakan di Kecamatan

initasik.com, birokrasi | Di tengah keterbatasan alat dan luasnya daerah Kabupaten Tasikmalaya, perekaman KTP elektronik yang dikerjakan Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya membukukan capaian bagus.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Winny, mengatakan, perekaman KTP elektronik sudah mencapai 99,19 persen. Dari total sekitar 1,3 juta wajib KTP elektronik, kini hanya tinggal sekitar 7 ribu yang belum melakukan perekaman.

“Walaupun kita ada sedikit kendala di peralatan, Alhamdulillah masih bisa tetap dikerjakan. Rencana kita ke depan inginnya pencetakannya dilakukan di kecamatan. Kita sudah mengajukan alat-alatnya. Mudah-mudahan tahun 2020 bisa (di kecamatan),” tuturnya, Rabu, 8 Mei 2019.

Winny menyebutkan, diperlukan satu set alat perekaman dan pencetakan untuk 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Jika pencetakan KTP elektronik bisa dilakukan di kecamatan, itu akan memangkas waktu dan biaya yang mesti dikeluarkan masyarakat.

Apalagi, sampai saat ini kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya berada di pusat Kota Tasikmalaya, sehingga masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang tinggal di pelosok harus mengeluarkan biaya atau ongkos jalan ke kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya.

Winny berharap, tahun depan pencetakan KTP elektronik bisa dilakukan di kantor kecamatan sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. [eri/initasik.com]