Birokrasi

Penduduk Kabupaten Tasik yang Punya KTP Diklaim Sudah 96 Persen


initasik.com, birokrasi | Penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) diklaim sudah mencapai 96 persen dari 1,7 juta lebih warga. Di antara kelompok yang masih menyisakan PR banyak adalah para remaja yang baru menginjak usia 17 tahun. Jumlahnya sekitar 30 ribu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir, meminta para pegawai yang terkait dalam pembuatan KTP untuk bekerja lebih maksimal agar semua penduduk memiliki tanda kewarganegaraan itu.

“Kita harus bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Kepemilikan KTP sangat penting. Selain sebagai bukti kewarganegaraan, itu sangat berguna dalam menjalankan roda ekonomi. Pinjam uang ke bank harus ada KTP. Sekarang dana KUR belum termaksimalkan, karena persyaratan KTP tidak terpenuhi,” tuturnya usai membuka sosialisasi kebijakan kependudukan, di Hotel City, Kamis, 10 Agustus 2017.

Ia mengakui, hingga saat ini persoalan KTP belum sepenuhnya tuntas. Untuk itu perlu komitmen semua pihak agar segera selesai, dan masyarakat tidak lagi resah karena belum punya KTP.

“Saya ingatkan, membuat KTP itu gratis. Jangan pernah meminta bayaran apapun kepada masyarakat. Hati-hati, tim saber pungli ada di mana-mana. Berikan pelayanan terbaik yang dibarengi keikhlasan. Bahkan, kita harus bisa jemput bola agar semua warga cukup usia memiliki KTP. Itu sudah hak mereka. Berikan pelayanan lebih baik lagi. Lillahita’ala. Ini adalah tugas kita,” paparnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?