Edukasi

Penerimaan Siswa Baru di Kota Tasik, Ada Kuota 10 Persen Bagi yang Hafal Alquran

initasik.com, edukasi | Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Tasikmalaya akan menerapkan sistem zonasi yang dibagi berdasarkan jarak siswa dengan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Achdiat Siswandi, mengatakan, zonasi itu terdiri dari kelurahan, lintas kelurahan, sampai lintas kecamatan. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri sosialisasi dan pedoman teknis dalam PPDB Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018-2019, di aula Bale Kota Tasikmalaya, Kamis, 24 Mei 2018.

“Siswa yang daftar pada sekolah yang satu kelurahan dengan rumahnya, ia sudah dapat poin tambahan 25 saat sebelum melakukan tes online. Sedangkan siswa yang mendaftar ke sekolah yang lokasinya di luar kelurahan tapi masih satu lingkup kecamatan, dapat poin 10,” ujar Achdiat.

Sedangkan untuk siswa yang mendaftar pada sekolah yang letaknya berada di luar kecamatan, mereka hanya diberikan poin tambahan sebesar 5 poin. Adapun untuk siswa yang datang dari luar kota, poinnya nol.

Terkait jalur nonakademik, Achdiat mengatakan ada kuota sebesar 20 persen dari setiap sekolah. Sepuluh persen kuota untuk jalur masuk melalui tahfidz Alquran, dengan catatan minimal hafal tiga juz yang disertai surat keterangan dari LPTQ. Sedangkan sepuluh persen lagi dari prestasi, seperti juara perlombaan tingkat kota atau provinsi. [Eri]

Komentari

komentar