Sulais | TS/initasik.com
Informasi

Pengadaan Gabah Berkurang Drastis, Persediaan Beras Masih Aman

initasik.com, informasi | Pengadaan gabah di Priangan Timur berkurang drastis. Dari biasanya dapat 500 ton perhari, kini hanya bisa menyerap 100 ton. Kadivre Wilayah III Perum Bulog, Sulais, mengatakan, menjelaskan, mulai November 2017 sampai Februari 2018 diperkirakan akan terjadi kekurangan gabah. Itu disebabkan masa panen padi yang berbarengan di setiap wilayah.

Kondisi itu menyebabkan harga gabah naik. Banyak petani memilih menahan gabahnya untuk dijual ke Perum Bulog sebagai persediaan konsumsi. Namun kenaikan harga tersebut
diperkirakan masih di bawah sepuluh persen.

Harga beras di pasaran juga akan merambat naik, karena para pedagang kekurangan persediaan. Terjadi hukum pasar. Permintaan banyak, sementara barang yang tersedia sedikit, maka harga jual akan naik.

Sulais mengatakan, kendati pengadaan gabah berkurang, namun persediaan beras di wilayah Priangan Timur ini masih aman untuk dua bulan ke depan. Masayarakat perlu resah. “Kalaupun persediaan berkurang, Bulog akan melakukan persedian silang dengan beberapa wilayah,” jelasnya.

Ia memprediksi, pengadaan gabah akan normal kembali pada Maret 2018, seiring panen raya di banyak daerah. [TS]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?