Peristiwa

Pengeboran Sumur Air Bersih di Parungponteng Semburkan Air Panas Berlumpur


initasik.com, peristiwa | Pengeboran sumur air bersih di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, menyemburkan air panas berlumpur, Senin, 23 Oktober 2017, sekitar pukul sebelas siang.

Kepala Dusun Sindangrasa, Entur Turmuji, menjelaskan, pengeboran itu merupakan bantuan sosial dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) untuk membuat sumber air bersih. Rencananya, pengeboran akan dilakukan sedalam 100 meter. Namun, baru sampai 45 meter, dari dalam keluar air panas yang dibarengi lumpur.

Semula, ketinggian semburannya mencapai 7 meter. “Sampai pukul sembilan malam ini ketinggiannya tinggal sekitar sepuluh centimeter. Alhamdulillah tidak sampai menelan korban luka,” sebut Entur saat dihubungi initasik.com melalui telepon seluler.

Ia menceritakan, kejadian seperti itu bukan yang kali pertama. Sebelum Gunung Galunggung meletus, 1982, pernah ada peristiwa serupa. Bekas semburan itu sekarang dimanfaatkan sebagai objek wisata air panas.

“Di sini ada Gunung Gariawas, seperti gunung merapi, karena mengeluarkan air panas. Di Sindangrasa ini ada tiga titik air panas, dan satu lagi di Kampung Cigunung. Sumbernya dari Gunung Gariawas itu dan dimanfaatkan warga di tiga kedusunan untuk berbagai keperluan,” tuturnya.[Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?