Birokrasi

Pengembangan Parawisata Kabupaten Tasik Perlu Sinergi Lintas Sektor

initasik.com, birokrasi | Pengembangan parawisata di Kabupaten Tasikmalaya perlu kerja sama lintas sektor. Sampai saat ini, kepariwisataan belum berkembang baik. Padahal, itu bisa menjadi salah satu kucuran Pendapatan Asli Daerah andalan.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku optimistis kalau sektor pariwisata akan berkembang dengan baik di massa yang akan datang. Syaratnya, mesti ada sinergitas perencanaan pembangunan sektor kepariwisataan dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur sesuai dengan misi  Kabupaten Tasikmalaya.

“Pariwisata diharapkan menjadi sektor yamg mampu membawa angin segar dalam pengembangan perekonomian di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar bupati dalam sambutan  seminar Pengembangan Kepariwisataan Kabupaten Tasikmalaya, di Hotel Dewi Asri, Singaparna, Rabu, 17 Mei 2017, yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupeten Tasikmalaya Asep Saeful Bahri.

Seminar yang mengusung tema “Sinergitas Perencanaan dan Pengembanagan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Menunjang Paket Wisata Jawa Barat” itu sangat relevan dengan pertumbuhan dan dinamika sektor pariwisata saat ini.

Diyakini, pengembangan wisata berdampak pada perekonomian daerah dan sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat jika mampu mendatangkan para wisatawan.

“Penerimaan daerah dapat diserap dari wisatawan ketika mereka membelanjakan uangnya di wilayah Kabupaten Tasikmalya. Belanja wisata inilah yang akan menjadi penjualan produk pariwisata. Untuk mencapai semua itu perlu peran aktif dari pemerintah, sektor swasta, dan seluruh lapisan masyarakat,” tandas bupati.

Menurutnya, Kabupaten Tasikmalaya akan terus berupaya mempromosikan wisata melalui berbagia media yang ada antara lain dengan melaunching website resmi Dinas Pariwisata Kabuapten Tasikmalaya.

“Upaya promosi terus kami lakukan agar wisatawan mau berkunjung ke Kabupaten Tasikmalaya, dan mudah-mudahan dapat menarik investor yang akan menanamkan modalnya pada bidang pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya, terutama di destinasi wisata yang menjadi prioritas yaitu Galunggung, Karangtawulan, Pamijahan, Kampung Naga,” tuturnya. [Jay]