Peristiwa

Penjual Sapi Kurban Mulai Kebanjiran Pesanan

initasik.com, peristiwa | Hari Raya Idul Adha tahun ini masih terbilang lama. Pekan ketiga bulan depan. Kendati begitu, para penjual sapi di Kota Tasikmalaya sudah mulai kebanjiran orderan.

Seperti yang dialami Asep, penjual sapi di Jalan Paseh. Ia mengaku, sampai hari ini setidaknya ada 30 pesanan. Namun, meskipun sudah ada yang pesan, ia menyampaikan, penjualan di tahun ini terbilang lebih sepi ketimbang tahun kemarin.

“Kalau tahun kemarin mah rame yang pesan jauh-jauh hari lebih banyak, sekarang mah rada sepi. Tapi mudah-mudahan semingguan lagi banyak yang pesan,” harap Asep saat ditemui di lapaknya, Sabtu, 28 Juli 2018.

Di tempatnya, ada kurang lebih 50 ekor sapi yang berasal dari daerah Jawa. Semuanya jenis limosin. Harganya mulai dari Rp 18 juta hingga Rp 30 juta. “Tergantung besar kecilnya badan sapi,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ayan, salah seorang penjual sapi yang letaknya tak jauh dari tempat Asep. Ayan mengaku, saat ini pesanan sapi untuk keperluan kurban sudah mulai ada. Ia membenarkan, di tahun ini penjualan sapi lebih menurun.

Banyaknya penjual sapi musiman menjadi salah satu faktor turunnya penjualan. “Beda dengan dulu. Yang menjual sapi di Kota Tasik cuma beberapa orang. Sekarang, hampir setiap kecamatan ada yang menjual sapi,” sebutnya. [Eri]