Birokrasi

Penting Ada Kawasan Tanpa Rokok

initasik.com, birokrasi | Kawasan Tanpa Rokok atau KTR tengah dirancang untuk diterapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Draf peraturan bupatinya sudah ada, tinggal disempurnakan dan ditandatangani. Ditargetkan, akhir tahun ini draft peraturannya sudah sempurna, dan mulai diterapkan pada 2020.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani, mengatakan, pemberlakuan KTR tinggal menunggu penandatanganan peraturan bupati. Selama ini, Kawasan Tanpa Rokok sudah sering digaungkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.

Malah, hampir di setiap OPD maupun beberapa fasilitas publik lain sudah dikampanyekan melalui stiker sampai baliho. Dadan menegaskan, Kawasan Tanpa Rokok ini penting diwujudkan demi menjaga kesehatan.

Dijelaskan, asap rokok terhadap perokok pasif jauh lebih berbahaya, sehingga kawasan tanpa rokok ini harus direalisasikan. Perlu upaya penyadaran yang dilakukan terus-menerus agar para perokok bisa menempatkan diri kapan dan di mana baiknya merokok, malah diharapkan bisa berhenti dari merokok. ***