Birokrasi

Penyakit “Atuda” Bisa Membuyarkan Mimpi Sukses Pengusaha

Kabupaten Tasik | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, berbagi motivasi kepada para pengusaha yang hadir dalam Pembinaan Bagi Para Pedagang/Pengusaha yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, di City Hotel, Kamis, 23 Maret 2017.

Menurutnya, untuk bisa menjadi pengusaha sukses harus memiliki tiga K, yaitu kahayang, kadaek, dan kawani. Ketiga hal itu mesti menyatu dalam diri dan menjadi karakter. “Tanamkan keinginan, tumbuhkan kemauan, dan kembangkan keberanian,” tandasnya.

Setelah itu dijalani, sambungnya, hindari penyakit atuda. “Sedikit-sedikit atuda. Bu, kenapa tidak dagang lagi? Atuda sepi pembeli. Pak, kenapa tidak jualan baju lagi? Atuda modalnya habis. Kalau atuda-atuda terus, kita tidak akan maju-maju. Tapi saya percaya, para pengusaha di Kabupaten Tasikmalaya pada ulet dan tidak mudah menyerah,” tutur Uu.

Pada kesempatan itu bupati mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha yang telah berperan dalam memajukan roda ekonomi. Menurutnya, saat ini daya beli masyarakat sudah meningkat. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tasikmalaya juga turut naik. Dulu, rangking 13.

“Setelah saya jadi bupati, jadi peringkat ketujuh. Itu karena salah satunya daya beli masyarakat meningkat. Bulan kemarin saya dapat info dar Bank Indonesia, kalau Kabupaten Tasikmalaya dinilai mampu menahan laju inflasi daerah. Di Kabupaten lain ekonomi digerakkan oleh segelintir kelompok yang menguasai hulu sampai hilir, sedangkan di Kabupaten Tasik tidak begitu,” paparnya. initasik.com|is/adv

Komentari

komentar