Informasi

Penyembelihan Sapi Kurban di Kota Tasik Diprediksi Sampai 4.000 Ekor

initasik.com, informasi | Penyembelihan sapi di Kota Tasikmalaya untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini diprediksi sampai empat ribu ekor. Jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 3.200. Dari kebutuhan sebanyak itu, dominan dipasok dari luar kota.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Deddy S.B., menyebutkan, kebanyakan sapi kurban yang kini ada di pasaran didatangkan dari dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Kalau dari Kota Tasik sendiri maksimal bisa memenuhi 30 persen dari kebutuhan sebanyak itu. Begitupun untuk kebutuhan daging konsumsi harian. Malah itu (konsumsi harian) kebanyakannya sapi Australia. Sapi lokal harganya lebih mahal,” ujarnya di sela monitoring penjual sapi kurban di daerah Indihiang, Rabu, 23 Agustus 2017.

Menurutnya, untuk membuat kawasan khusus peternakan sapi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar sendiri, terutama di Hari Raya, mesti ada pengkajian panjang. “Kita juga menginginkan ada satu kawasan peternakan sapi. Sekarang sedang dirancang. Targetnya daerah Kawalu. Sebelah mana tempatnya belum bisa dipastikan,” sebutnya.

Disinggung soal banyaknya penjual sapi yang mengaku sepi pembeli, Deddy mengatakan, itu kasuistik. Tidak semua mengalami hal itu. Ada pedagang yang memang penjualannya menurun dibanding tahun kemarin, tapi banyak juga yang sebaliknya.

Di luar itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sesuai syariat Islam, seperti sehat dan tidak cacat. “Untuk melakukan pengawasan masuknya hewan-hewan dari luar kota, kami selalu menanyakan dokumen dan asal hewan. Sampai saat ini semua sapi dinyatakan aman. Mudah-mudahan seterusnya begitu,” harap Deddy. [Jay]